Saturday, March 12, 2011

RS Islam Yarsis Solo Mengaku Bisa Sembuhkan Penyakit Menkes

Ahad, 13 Februari 2011, 14:34 WIB

 
RS Islam Yarsis Solo Mengaku Bisa Sembuhkan Penyakit Menkes
RS Islam Yarsis
SOLO - Masyarakat Indonesia cukup terkejut saat mengetahui Menteri Kesehatan Endang Rahayu Sedyaningsih diketahui mengidap kanker paru. Tapi lebih mengejutkan lagi bagi Rumah sakit Islam Yarsis Solo saat tahu Menkes memilih berobat ke China, karena RSI Yarsis pun mampu menyembuhkan penyakitnya 100 persen.

Mungkin bukan salah Endang Rahayu jika belum mengetahui bahwa sejak setahun ini RSI Yarsis menjadi satu-satunya rumah sakit di Indonesia yang mampu menangani pasien dengan keluhan kanker paru. Hal ini dikarenakan RSI Yarsis Solo telah memiliki alat untuk melakukan tindakan medis yang disebut cryosurgery atau cryoablasi.

Patut dibanggakan karena selain masih satu-satunya di Indonesia, bahkan teknologi cryosurgery belum dapat dilakukan oleh rumah sakit termahal sekalipun yang ada di negeri tetangga, Malaysia, Singapura maupun Thailand.

Seperti yang dikatakan General Affair Director RSI Yarsis Solo Achmad Rudiyanto, setiap tahun terdapat lebih dari 370 ribu pasien asal Indonesia yang berobat ke Singapura. Belum lagi yang memilih Malaysia dan Cina untuk menyembuhkan berbagai penyakit yang diidap WNI.

Khusus bagi penderita kanker paru seperti Ibu Menkes, kini cukup melongok ke dalam negeri karena sekalipun berada di kota kecil seperti Solo, namun RSI Yarsis memiliki teknologi medis dan dokter handal bertaraf sekelas rumah sakit khusus kanker Guangzhou di China.

Seperti yang dijelaskan Achmad, di Indonesia saat ini hanya ada satu dokter yang mampu melakukan cryosurgery, yaitu Darmawan Ismail. Kini dokter yang memegang gelar Spesialis Bedah Toraks Kardiovaskuler ini mengabdikan dirinya di RSI Yarsis Solo. "Tentu untuk melakukan cryosurgery dr. Darmawan dibantu tim dokter spesialis," Achmad menambahkan.

Tindakan cryosurgery harus dilakukan saat terapi bedah kanker tidak dapat dielakkan. Namun dengan cryosurgery, pasien yang takut dibedah tidak perlu khawatir, karena cara kerja alat yang bernilai sangat mahal ini tidak memerlukan tindakan bedah yang menakutkan.

Saat dilakukan cryosurgery, pasien cukup dibius ringan. Selanjutnya, tim dokter akan menusukan jarum khusus (probe) ke sel kanker dengan ketepatan tinggi. Probe yang memiliki saluran di tengahnya ini seperti selang terhubung dengan mesin cryo yang akan mengalirkan gas pendingin (gas argon) untuk membekukan sel kanker hingga suhu minus 40-160 derajat.

"Sel kanker yang beku akan tampak seperti bola es. Pembekuan ini akan mematikan sel kanker," singkat Achmad. Sel kanker yang telah mati dan membeku selanjutnya dialirkan gas helium melalui probe secara perlahan. Tanpa ada satu jaringan pun yang diangkat dari tubuh pasien, pembedahan kecil selesai dilakukan.

Kabar gembiranya adalah, tindakan cryosurgery dapat dilakukan bagi semua tipe kanker, mulai dari kanker hati, ginjal, pankreas, payudara, sarcoma pada tulang, prostat, kulit, melanoma yang terlokalisir, kepala dan leher, myoma dan jaringan lunak lainnya.

RSI Yarsis menjamin bahwa teknik cryosurgery memiliki tingkat keberhasilan hingga 95 persen. Untuk pasien penderita kanker stadium tiga dan empat tentu sangat disarankan memilih cryosurgery karena teknik ini pun mampu meminimalkan efek sampingan kerusakan jaringan di sekitar kanker.

Teknologi cryosurgery telah mulai dilakukan dibanyak rumah sakit di negeri barat dan belakang telah diterapkan di China, itulah mengapa Ibu Menkes memilih berobat ke negeri tirai bambu tersebut. Tapi mengapa berobat jauh lebih mahal ke China jika anak negeri pun mampu memberikan kesembuhan yang sama dengan harga yang lebih terjangkau. Informasi lengkap tentang cryosurgery bisa didapatkan di Avicenna Lung Cancer di nomor telepon (0271) 710571.

0 comments:

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites